Atasi Karhutla, Polres Prabumulih Gelar Rakor Sektoral - BERANTAS SUMSEL

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 18 Juli 2024

Atasi Karhutla, Polres Prabumulih Gelar Rakor Sektoral



PRABUMULIH, BS.COM - Kapolres Prabumulih pimpin Rapat Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral terkait Penanggulangan Bencana Karhutla di Wilayah Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


Dimana, rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Waka Polres Prabumulih, Kompol Eryadi Yuswanto SH, MH, Kabag Ops Polres Prabumulih Kompol Harmianto SH, MH, MSi, Danramil 404-02 Prabumulih Kapten CZI Very Mulyadi, Officer Safety PT Pertamina Zona 4 Prabumulih Herlan, Act Assisten Manager HSE PT Perta Samtan Gas Prabumulih Darmawansyah,  Dinkes Prabumulih, Sub Kasi Yankes Hj Suci Lestari SKM, M, KM, BPBD Prabumulih Kasi Penanggulangan dan Kesiapan M Tauhid, Kadis Lingkungan Hidup Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Arif Johar SH, MH, Kepala Dinas Pertanian Prabumulih Alfian SP, Kasat Pol PP Prabumulih, diwakilki M Nasir, PT Titis Sampurna diwakili Adi Marius, Dirut PDAM Tirta Prabujaya Prabumulih diwakili Fajar C Ardhana, Para Pejabat Utama Polres Prabumulih dan Kapolsek Jajaran Polres Prabumulih, Kamis, (18/7/2024), bertempat di Ruang Rapat Call Centre Polres Prabumulih.



Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo SIK dalam arahannya mengatakan, pentingnya untuk mengantisipasi sejak dini kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kota secara terpadu dan komprehensif.


Mengingat lanjutnya, jika tidak segera mempersiapkan langkah antisipasi dan mitigasi terhadap kebakaran hutan dan lahan tersebut, selain dapat merugikan masyarakat juga berpotensi menjadi ancaman besar dalam menghadapi penyelenggaraan pemilu yang sebentar lagi akan berlangsung.

"Kami berharap melalui rakor ini, kita dapat menyusun langkah strategis yang lebih konkrit dan komprehensif, sehingga tercipta sinergitas antar instansi dalam menanggulangi bencana karhutlah agar ke depan tidak mengganggu stabilitas politik, hukum, dan keamanan di negeri ini," papar Endro. 


Sementara itu, perwakilan PT Pertamina Zona 4 Prabumulih menyampakain PT Pertamina Zona 4 menyiagakan 3 Unit Kendaraan Damkar berikut 4 Kru Pemadam, Siap Suplay kebutuhan air, kontak person pergerakan kendaraan damkar melalui Wiliam.

"PT Perta Samtan Gas Prabumulih juga menyiagakan 1 Unit Fire Jeep 500 Liter berikut empat orang personel mobile di hari kerja, dan memiliki dua sumur bor untuk Slsuplay kebutuhan air," akunya.


Perwakilan Dinas Kesehatan Prabumulih menyampaikan Dinkes Kota Prabumulih memiliki 4 rumah sakit, 9 puskesmas dan 1 PSC berikut kendaraan Alambulance dan obat- obatan stanby selama 24 jam, khusus PSC didukung 1 unit ambulance level 3 dan ambulance R2, Call Center PSC melalui Nomor 119 atau 085367321119. Dimana, Tenaga Medis Dokter Penyakit Dalam tersebar di-4 rumah sakit Kota Prabumulih.


Dinas Lingkungan Hidup Prabumulih menyebutkan menyiagakan 1 unit Mobil tangki air kapasitas 5000 liter berikut mesin air penyemprot, kendaraan stanby di Pos 2 Damkar Taman Murni, menyiagakan 30 orang petugas yang dapat digunakan saat urgensi, kontak person melalui UPTD Pertamann Jauhari.


Dinas Pertanian menambahkan di setiap kecamatan mempunyai 1 Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang personelnya terdiri dari koordinator dan letugas penyuluh dari masing-masing wilayah binaan dan memiliki data spesifik perkebunan dan luas lahan.


Dimana pada Tahun 2023 lalu, untuk tanaman karet di Kota Prabumulih terdapat 19,211 Ha dengan jumlah petani 13,449, sedangkan untuk tanaman kelapa sawit terdapat 1,002 Ha dengan jumlah petani 499, terdapat 2 embung kapasitas 1000 kubik air yaitu di Kelurahan Sindur belakang Kantor Pemkot Prabumulih dan Kecamatan RKT. Bukan cuma itu, dinas pertanian juga menyiagakan 1 pompa air 3 inc dan 1 pompa air 6 inc. Kontak person Kadin Pertanian Alfian SP 


Perwakilan PT Titis Sampurna Prabumulih mengakui tersedia 1 embung kapasitas 700 ton air, 1 tangki kapasitas 200 ton, dan menyiagakan 30 orang pada siang hari dam 12 orang pada malam hari yang merupakan tenaga terlatih untuk pemadam kebakaran, serta  menyiagakan 1 unit ambulance berikut tenaga medis.


PDAM Tirta Prabujaya Prabumulih juga  menyiagakan 2 Unit mobil tangki kapasitas 4000 Liter dan 5000 Liter, dan  dalam 1 hari bisa menyediakan sebanyak 500 kubik air.


Satpol PP Prabumulih menyampaikan pada tingkat Kota Prabumulih menyiagakan 35 personel dan setiap kelurahan/desa terdapat 10 orang satgas linmas yang siap membantu dalam penanggulangan dan pencegahan bencana serta kebakaran.


Sementara BPBD Kota Prabumulih mengungkapkan terdapat 3 Posko Penanggulangan Karhutla. Yaitu Pos Delinom, Kantor BPBD Kota Prabumulih,  Pos Taman Murni, Kantor Kesbangpol Kota Prabumulih, Pos Selatan, Kantor Lurah Tanjung Raman.


BPBD juga menyiagakan sebanyak 84 Personel pemadam kebakaran yang melaksanakan tugas di 3 posko karhutla. Serta Dukungan sarpras, meliputi : Mobil Fire Truk  3 Unit, Mobil Suplay 1 Unit, Mobil Komando 1 Unit, Mobil Pick-up 1 Unit, Motor Trail  3 Unit, Perahu Karet 2 Unit, Pelampung Body  8 Pcs, Mesin Pompa 4 Pcs, Mesin pompa 1 Pcs  Senso 3 Pcs, Tedmon 1 Pcs.


Kapolres Prabumulih AKBP Endro Aribowo SIK menyampaikan Polres Prabumulih telah melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak Pemerintah Kota Prabumulih dan pihak terkait lainnya guna melakukan pendataan kesiapan Personel dan kesiapan sarpras dalam kesiapan cepat tanggap penanganan karhutla di wilayah Kota Prabumulih dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan apel kesiapan dan penggelaran sarpras yang digunakan saat penanganan m

Karhutla di wilayah Bumi Seinggok Sepemunyian ini. (BN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here